kenakalan remaja merupakan salah satu dari sekian banyak masalah sosial yang semakin merebak dan kini telah sampai pada tinggkat sangat memperihatinkan. kini kenakalan remaja tdak hanya berbentuk bolos sekolah, mencuri kecil-kecilan, tidak patuh pada orang tua, tetapi mengarah pada tindak kriminal akhir-akhir ini masyarakat di buat gempar dengan pemberitaan di sejumlah media, kasus narkoba dan prostitusi (kormesialiasai seks) kalangan anak sekolah.

kenakalan remaja : Tak Berbatas
kenakalan remaja adalah label prilaku-prilaku, seperti menjauh atau menghindari dari sekolah, dari kebosanan, dari orang tua yang menelantarkan dari kesulitan diri, dari rumah yang bermasalah, dari situasi rumah yang membosankan, dari rumah yang tidak bahagia, dari kehidupan yang sulit, dan dari kesulitan satu ke kusulitan yang lain, prilaku mereka berkisar dari prilaku yang agresip pasif keprikalu kenalakan atau kejahatan, prilaku yang tidak dapat di kendalikan ke prilakun gresip aktif kejahatan (vandalisme) mereka semua tingkatan ekonomi background keluarga, jenis kelamin ras, dan budaya

manusia, termasuk ramaja adalah makluk sosial yang senagtiasa melakukan interaksi yang terbuka dengan berbagai faktor yang sulit dideteksi secara jelas dan meningkatkan lebih bersifat individual. profesi pekerjaan sosial merupakan profesi yang bertanggung jawab atas mesalah sosial kenakalan remaja, karana di dalamnya mengandung peran untuk menunjukan katidak mampuan orang tua mengasuh dan medidik anak dalam hal ini bearti keluarga telah gagal mencegah kenakalan remaja. kemapuan mengorganisir peran dalam keluarga adalah awal kebarhasilan menciptakan anak berkualitas dan berkarakter, sebaiknya di organisai adalah benih tumbuh kembangnya segala bentuk kenalakan remaja.

Keluarga :  pihak bertanggung jawab
sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab kondisi remaja bangsa ini, kita harus berani dan lantang bersuara, keluarga lah biang dari segala bentuk masalah sosial termasuk kenalakan remaja. ketidak mampuan orang tua menghendel segala aspek kebutuhan keluarga segala tidak sadar memaksa anak-anak mencari pilihan arternatif dan solusi di luar. dan umumnya, alternatif- laternatif diluar yang paling yang di pilih anak cendrung alternatif-alternatif yang bepotensi merusak perkembangan dan pembentukan mentalitas dan kpribadian anak, mengapa yang terjadi demikian pilihan itu tidak lain adalah ekpresi kemarahan kebencan dan dendam anak kepada orang tua mereka.
keluaraga merupakan ikatan sosial pertama seorang anak manusia di dalam keluarga anak pelajar untuk hidup sebagai makluk sosial anak menyerap bergabai macam pengatahuan, norma, nilai, budi pekerti, tatakrama, sopan santun , serta berbagai keterampilan sosial lainnya yang sangat berguna dalam kehidupan. anak akan belajar bagaimana memkul rasa bersalah, sebagaimana menghadapi secara konstruktif sebagai masalah

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 Nature
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger